Balong Kabayan

Wilujeng sumping, selamat datang, welcome di Balong Kabayan :), terima kasih, hatur nuhun telah mengunjungi blog Balong Kabayan :).

IMG_0764

Balong Kabayan adalah Saung Budaya Sunda dengan konsep Rekreasi, Edukasi, dan Terapi alami keluarga yang dilengkapi fasilitas Saung- saung khas Sunda, Saung Barak Bambu Alami, Kolam Pemancingan, Kolam Pemandian Alami, Camping Ground, Kolam Terapi Ikan Alami, Lapangan dan Ruangan Serbaguna. Balong Kabayan diharapkan dapat menjadi teman kembali ke alam yang menyenangkan untuk Keluarga Indonesia. Balong Kabayan tidak menawarkan fasilitas yang mewah dan mahal namun menyediakan fasilitas yang sederhana, alami, dan apa adanya namun bersih dan nyaman untuk memfasilitasi berbagai kegiatan yang dapat menumbuhkan kegembiraan dan keceriaan Keluarga Indonesia :).

Nama Balong Kabayan diambil dari nama Si Kabayan yang merupakan Tokoh Legenda yang unik, seorang yang polos, lugu, jujur, humoris, alami/ kampungan, sederhana apa adanya, punya semangat yang tinggi, dan pemikiran yang visioner jauh kedepan. Si Kabayan telah hidup bersama masyarakat Indonesia secara turun temurun dan mewariskan nilai- nilai kearifan yang dapat kita jadikan bekal untuk menjalani kehidupan agar lebih barokah dan bermanfaat untuk masyarakat luas. Si Kabayan tidak hanya dipelajari dan diteliti oleh masyarakat Indonesia tetapi juga diteliti oleh masyarakat dunia salah satu diantaranya adalah Warga Negara Belanda yang membuat Disertasi tentang si Kabayan yaitu oleh  Dr. Coster-Wijsman, Leiden Belanda, Tahun 1929. Legenda Si Kabayan telah mengabdi dan mengabadi merupakan salah satu kearifan peninggalan Budaya Indonesia yang harus dilindungi dan dilestarikan.

Balong Kabayan dapat mengajarkan kepada keluarga Indonesia tentang spirit kesederhanaan sesuai namanya Si Kabayan yang sederhana namun bermakna. Proses pembangunan Balong Kabayan juga merupakan proses yang sangat unik karena dengan segala keterbatasan memanfaatkan dana pribadi Mang Kabayan yang sangat- sangat minim bahkan terpaksa harus menjual beberapa mobil kesayangan keluarga demi mewujudkan mimpi Tugas Akhir S1 Mamang dahulu yaitu membangun Pusat Kabudayaan Sunda. Selain dana yang sangat terbatas juga menggunakan bahan- bahan lokal disekitar Balong terutama Bambu- bambu sehingga pada akhirnya terpaksa harus mengorbankan estetika dahulu dan lebih mengedepankan fungsi, dalam langgam Arsitektural terkenal dengan sebutan “form follow function”.

Bentuk-bentuk sarana dan prasarana yang terbangun pada tahap awal merintis Balong Kabayan ini lebih mengedepankan fungsi/ manfaat, efisiensi penggunaan material, low maintenance cost, biaya yang hemat, dibangun oleh tukang warga lokal yang hanya 2 orang saja, pelan- pelan secara bertahap dari hasil yang diperolehnya, dalam istilah kabuyutan Sunda dikenal dengan istilah “Ngeureuyeuh” pelan- pelan tapi pasti untuk mencapai tujuan. Konsep Arsitektur yang diterapkan adalah berusaha melakukan transformasi arsitektur tradisional Sunda, jadi Balong Kabayan ini dibangun bukan meniru persis Arsitektur Tradisional Sunda yang vernakular, organik, alami, dan sederhana tapi mentransformasikannya dengan cara diambil makna- makna, prinsip- prinsip, nilai- nilai, dan spiritnya lalu dimodifikasi/ disesuaikan dengan kondisi lingkungan, efisiensi, efektifitas, dan perkembangan jaman. Estetika sendiri kedepan dengan tumbuh dan berkembangnya Balong Kabayan maka dapat ditambahkan secara bertahap (ngeureuyeuh) untuk semakin menyempurnakan dan mempercantik Balong Kabayan.

Proses pembangunan Balong Kabayan tentu saja mengajarkan kepada kita tentang Proses Alamiah yang dengan berjalannya waktu tumbuh berkembang secara berkelanjutan bukan merupakan sesuatu yang Instant seolah melakukan sulap sekali jadi seperti membalikan telapak tangan karena sesungguhnya Mie Instant dan Kopi Instant sekalipun membutuhkan proses yang tidak instant untuk membuatnya. Balong Kabayan dibangun dengan jerih payah, suka dan air mata menikmati segala prosesnya dengan modal/ capital sendiri yang sangat terbatas namun berusaha membangun sesuatu yang bisa bermanfaat untuk masyarakat luas. No pain, no gain; no sweat, no glory; no sacrifice, no victory; The Spirit of Ngeureuyeuh :).

Balong Kabayan saat ini sedang dalam tahap pembangunan/ konstruksi dan Alhamdulillah telah dibuka Syukuran walopun masih tahap Trial & Error / belajar secara bertahap, mudah-2an setelah nanti semua fasilitas lengkap dapat dilakukan Pembukaan Secara Resmi.

Nuhuuuns,

Mang Asep Kabayan
Penggiat Kabuyutan Sunda
ti urang, ku urang, keur balarea

001 002 003025024 004 005 006 007 008 009 010 011 012 013 014 015 016 017 018 019 020 021


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s